Testimoni Untuk Pak Ben

COMMENTS

David Efendi:

Gagasan tentang kebangsaan atau nation, kontribusi print capitalism, memberikan kredit pada yang tak mampu bersuara menjadi penting, Dan juga konsep kekuasaan masy jawa. Warisan sangat berharga sudah ditorehkan bahkan sampai nafas terakhir berada di tanah Indonesia. Dedikasi luar biasa prof Ben. Dari kalibedog terus giat tadarus atas pikiran Dan gagasan Ben. Long live Ben!

Gunawan Muhammad:

Ben memilih pokok soal yang penting. Bangsa lebih awet ketimbang yang diperkirakan. Internasionalisme yang dicitakan Marxisme ternyata tak berjalan seperti diduga: konflik Uni Soviet dengan RRT adalah kasus yang jelas. Globalisasi sekarang mungkin akan menghubungkan bangsa-bangsa dengan lebih efektif, meskipun “bangsa” di dalam hubungan itu hanya diwakili kelas yang cocok satu sama lain ketika melintasi batas nasional. Negara-bangsa yang ingin diatasi di Eropa sejak dua perang besar antar negara menghasilkan Uni Eropa, tapi Uni Eropa itu sendiri sejenis “komunitas yang dianggit’ (imagined) dan di sana-sini menunjukkan perspektif semacam “nasionalisme” — hanya dengan wilayah yang lebih besar.

RBK adalah komunitas literasi yang sedang belajar mengamalkan praktik-praktik berkomunitas, menciptakan rumah untuk semua manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *