Jalan Demokratis Menuju Sosialisme

Judul     : Jalan Demokratis Menuju Sosialisme

Penulis  : Arief Budiman

Penerbit: Sinar Harapan

Tahun   :1987

Hal         :256

 

Perjumpaan Engels, Kautsky & Gramsci; jalan pikiran itu yang coba di eksperimentasikan oleh Allende di Chili (Via Chilena) keluar dari kepustakaan utama kaum Marxian yang percaya bahwa jalan sosialisme hanya dapat diwujudkan lewat revolusi dan kekerasan (Lenin). Eksperimennya gagal, Allende abai terhadap peringatan Engels bahwa peralihan demokratis selalu menghadapi ancaman pukulan yang tak demokratis; kaum militer menghentikan segalanya. 11 September 1973 militer membom istana presiden La Moneda. Ia meninggal beserta 30,000 jiwa lainnya.

Saya baru sadar, benar kata guru Analisis Sosial kami waktu CEFIL di Satunama; demokrasi memang menyakitkan kawan. Untuk referensi bacaan lain juga dapat dibaca buku Edward Kardelj dengan judul Jalan Menuju Sosialisme sedunia diterbitkan oleh Terawang Press tahun 2001.

Ternyata ini disertasinya Arief Budiman. Dahsyat banget, disertasi tahun 1970 dgn kualitas yang super paripurna di Harvard. Terbit tahun 1987 oleh sinar harapan. Sinar harapan adalah penerbit wacana atau pengetahuan progresif. Membayangkan marjin kiri zaman old.

Pegiat Pembaharuan sosial; komisioner KPUD Slayar; peneliti muda di Institute of Public Policy and Economic Studies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *