PROGRAM

logo rbk fix

KEGIATAN

Sharing Book

ngabuburit-baca-buku

Berbagi bacaan untuk orang lain sangatlah menyehatkan. Itu juga yang menjadi latar gerakan membaca buku bergilir (mabulir) yang dirintis RBK.  Berbagi bacaan adalah kekuatan besar bagi kita. Dauzan Farook cukup menginspirasi kita semua. Selain koleksi kami sendiri, setiap individu/ komunitas/ institusi dapat menitipkan  buku-bukunya di Rumah Baca Komunitas, sehingga dapat dipinjam individu/ komunitas/ institusi lainnya. Buku yang dititipkan dan dipinjam akan didata dan dilakukan pemantauan oleh pengelola.

Penitipan dan peminjaman buku dilayani di Rumah Baca Komunitas. Perpustakaan komunitas buka 24 jam dengan ragam bacaan segala usia dan profesi.

13957566_120300000058121943_1567881514_n

Tadarus Gerakan Iqro

Merupakan diskusi bulanan dengan topic gerakan membaca, perpustakaan komunitas, karya sastra, motivasi menulis, keterampilan menulis, presentasi penelitian, dll. Dilaksanakan setiap minggu ketiga dengan menghadirkan pembicara pegiat gerakan membaca baik local maupun nasional.

hibah buku

Hibah Buku Nasional

Program ini hadir karena keprihatinan atas tidak meratanya distribusi buku, semakin ke daerah tertinggal buku semakin mahal dan semakin jarang ditemui. Ini mengakibatkan terjadi kesenjangan pengetahuan di negeri ini. Sumbangan yang masuk akan disalurkan ke perpustakaan komunitas/TBM (Taman Baca Masyarakat) berbagai daerah jaringan Rumah Baca Komunitas. Serta sebagian akan menjadi koleksi Rumah Baca Komunitas.

Ketentuan: Buku dapat diambil oleh panitia atau dapat dikirim ke alamat Rumah Baca Komunitas telp: 0274-9608482, 0813-9180-3348 (Mascu) Anda juga dapat menyalurkan donasi melalui: No. Rekening:

ekoliterasi for kid

Community Learning House

Community Learning House (CLH) adalah pendampingan belajar untuk para pelajar di sekitar Rumah Baca Komunitas. CLH bertujuan memfasilitasi pelajar untuk meraih kesuksesan dalam belajar. CLH juga merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca dikalangan pelajar, khususnya anak-anak. Peserta tidak dipungut biaya. Sedangkan pengajar bersifat sukarela dan terbuka bagi umum yang memiliki minat dan kompetensi untuk mengajar.

CLH diadakan setiap hari Ahad s.d Jum’at jam 18.00-19.30 WIB di Rumah Baca Komunitas

DE JURE (Bedah Buku Jum’at Sore)

Sebagai apresiasi terhadap karya tulis berbagai ragam genre. Diselenggarakan setiap jum’at sore jam 15.30-17.00 WIB di Rumah Baca Komunitas. Gratis dan terbuka untuk umum

PENERBITAN MAJALAH

Majalah “Rumah Baca Komunitas” lahir dari semangat kreatifitas dalam komunitas kreatif yang ada di Yogyakarta. Semangat yang dibawa adalah mempromosikan gerakan literasi, cinta buku, cinta ilmu dalam semangat gerakan membaca. Dengan dikelola oleh personal yang telah lama bergelut dalam dunia penerbitan majalah diharapkan keberlangsungan media dapat berjalan secara professional.

PENERBITAN BUKU

Buku memiliki peranan yang sangat vital dalam memberikan ilmu dan perkembangan pengetahuan masyarakat. Sehingga kebutuhan akan buku yang berkualitas merupakan sesuatu yang mutlak. Melalui “Rumah Baca Publishing” kami berkomitmen untuk menyediakan bacaan yang berkualitas bagi masyarakat.

Hibah buku_Rumah Baca Komunitas Onggobayan

KAMPANYE GERAKAN MEMBACA

Rumah Baca Komunitas melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Selain melalui pendampingan kepada masyarakat dan berbagai diskusi/pelatihan, Rumah Baca Komunitas menerbitkan berbagai media untuk mengagitasi gerakan membaca. Pesan tentang membaca disampaikan melalui poster, leafet dll.

perpustakaan jalanan

PERPUSTAKAAN JALANAN

Membawa buku ke ruang publik adalah gagasan utamanya. Pespustakaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja secara mudah dan menyenangkan. Hal ini perlu sehingga buku menjadi alat memajukan diri untuk masyarakat di mana pun berada. Buku tak boleh dimonopoli seseorang atau segelintir manusia saja atau terpusat di kota-kota. Membaca adalah hak.

REBOAN

ReboanDiskusi tematik mingguan (setiap hari rabu sore) yang keluar dari arus utama sehingga nuansa ekplorasi dan emansipasinya terasa. Semua kegiatan ini mengandalkan partisipasi banyak orang. Narasumber pun sangat beragam latar belakang. Diskusi ini semua direkam secara audio terkadang audio visual sebagai arsip kegiatan. Sampai tahun 2016 ini ada ratusan file audio yang sedang ditranskrip menjadi teks yang dapat dikonsumsi khalayak ramai. Beginilah cara hidup menghargau ilmu pengetahuan yang kami lakukan.

DEJURE

dejure RBKDejure merupakan kependekan dari diskusi dan bedah buku jumat sore. Walau demikian, bahan bakar diskusi tak selalu dari buku tetapi dapat juga beruapa hasil penelitian akademik misal skripsi, tesis dan desertasi juga menjadi bagian dari apa yang dimaksud “BUKU” dalam pandangan dejure. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jumat sore.

 

EKOLITERASI

Pegiat Literasi Jogja Menolak reklamasi
Pegiat Literasi Jogja Menolak reklamasi

Kegiatan membangun kesadaran dan perilaku ekologis ini mempunyai sasaran umum dan spesifik. Untuk kampanye di berbagai media merupakan ekpresi bahwa isu ekologi adalah bagian tak terpisahkan dari universalitas manusia. Untuk lingkungan hidup yang spesifik seperti kampung di mana anak-anak tinggal, kami mempunyai kegiatan ramah lingkungan bersama anak-anak dan voluntee. Kegiatan kami beragam mulai menanam, membuat kompos, membuat karya dari daur ulang, mendongeng, menggambar kampung dan sebagaianya.