Agenda: Diskusi Perpustakaan Umum Bersama Eva Olthof

[UNDANGAN]

Apakah Perpustakaan Umum Milik Publik? Apakah semua Orang dapat Memanfaatkannya?

silakan hadir, diskusi terbuka untuk umum

Di banyak negara peran perpustakaan umum tengah berubah. Di Belanda akhir-akhir ini banyak perpustakaan daerah tutup karena pemotongan anggaran oleh sebuah pemerintahan neo-liberal—di Indonesia tidak pernah ada sebuah sistem perpustakaan umum yang substansial. Perpustakaan-perpustakaan swakelola mengisi kesenjangan ini. Pada momen politik yang seperti apa perpustakaan-perpustakaan ini muncul? Apa dampaknya pada komunitas-komunitas lokal? Dapatkah perpustakaan menjadi sebuah ruang publik yang aman, yang terbuka pada beragam suara? Siasat apa yang dijalanlan oleh perpustakaan-perpustakaan swakelola untuk mendorong akses tanpa sensor dan tanpa batasan pada informasi?

Dalam diskusi kali ini KUNCI Cultural Studies Center akan berbagi riwayat pendiriannya pada awal masa Reformasi, perpustakaan dan koleksinya, dan bagaimana menjalankannya. Rumah Baca Komunitas, yang dimulai pada 2012, akan berbagi tentang perpustakaan ‘tetap’ dan perpustakaan bergerak (Perpustakaan Jalanan) sejak 2014 yang mereka kelola. Perpustakaan Jalanan berlangsung di Alun-Alun Selatan Yogyakarta setiap hari Minggu. Selain menyediakan buku, perpustakaan ini menyediakan ruang untuk berbedat tentang isu-isu lokal yang berdampak langsung pada kehidupan warga Yogyakarta.

Sementara, Eva Olthof, perupa dari Rotterdam, Belanda, akan berbagi tentang penelitiannya tentang perpustakaan-perpustakaan dan siasat swakelola. Eva kini tengah berkarya di KUNCI; setelah sebelumnya melakukan penelitian tentang perpustakaan-perpustakaan umum di Jerman dan Amerika Serikat.

Minggu, 17 Desember 2017, pukul 13.30-16.00
di Jogja Library Center (Perpustakaan Malioboro)
Jalan Maliboro 175, Yogyakarta

 

Ralat; karena pihak perpustakaan menutup secara tiba2 perpustakaan padahal sudah dibooking, maka Lokasi diskusi pindah ke
Kunci Cultural Studies Center
MJ III/100, Jl. Ngadinegaran, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143
(0274) 7456680
https://goo.gl/maps/kBN5uGPgdME2

See update: www.rumahbacakomunitas.org

RBK adalah komunitas literasi yang sedang belajar mengamalkan praktik-praktik berkomunitas, menciptakan rumah untuk semua manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *